Indonesia Madura Surabaya

Culinary Trip to Surabaya & Madura

3 Days Culinary Trip to Surabaya & Madura with Traveloka Eats

Hai guys! Di blog aku kali ini aku bakalan cerita ke kalian tentang pengalamanku pergi bareng Traveloka Eats, 3 Days Culinary Trip to Surabaya & Madura. Udah agak lama sih, tapi aku baru sempet nulisnya sekarang. Jadi aku pergi bareng teman kulineran Foodies Surabaya Traveloka dari Surabaya dan Jakarta untuk menjelajah kuliner dan juga tempat wisata di Surabaya & Madura.

Aku nggak sempet ikut perjalanannya dari awal soalnya masih sekolah, jadi nyusul pas malemnya. Trip ini terinspirasi dari Movie Aruna & Lidahnya. Seru banget ternyata perjalanannya. Kalian penasaran kan kita pergi ke mana aja dan ngapain aja ? Kalo gitu, ikuti terus ceritanya…

Sate Klopo Ondomohen

Day 1 – 3 Days Culinary Trip to Surabaya & Madura

Seperti yang aku bilang tadi, aku nggak ikuti perjalanannya dari awal, jadi aku cuma bisa cerita setahuku aja. Jadi pas awal hari pertama, kita itu diberitahu nanti bakal kemana aja dan dikasih tahu kalau trip ini terinspirasi dari Movie Aruna & Lidahnya. Terus habis itu, kita menjelajah kuliner di Surabaya. Nah untuk transportasinya, disediakan dari Traveloka-nya sendiri, yaitu Mobil Hi-Ace. Oh ya, di setiap mobil Hi-Ace ini juga ada 1 orang guide. Keren-nya lagi, semua guide kita ini dari paguyuban Cak & Ning Surabaya, jadi mereka adalah salah satu pemenang Cak & Ning Surabaya di tahun 2018, 2017, dan seterusnya.

Pas malemnya, kita makan di Sate Klopo Ondomohen. Letaknya di JL Walikota Mustajab. Rasa satenya itu uenakk, soalnya di dalem satenya ada klopo yang bikin kita ketagihan. Pokoknya kalian harus banget deh coba sate ini. Terus habis kita makan, kita akhirnya pergi ke hotel. Hotel ini juga udah disediain oleh Traveloka. Kita nginep di Harris Hotel Gubeng.

Day 2 – 3 Days Culinary Trip to Surabaya & Madura

Lanjut deh ke hari kedua. Untuk makan pagi, kita semua breakfast di Harris Hotel. Pilihan makanannya ada banyak di sana dan enak-enak. Di hari kedua ini kita bakalan keliling Surabaya sama Madura. Habis dari hotel, kita baru mulai perjalanannya. Perhentian pertama, kita pergi ke Tauwa Cak Yudi. Tauwa cak Yudi itu deket sama SD petra 10.Tempat ini wajib banget kalian datangi. Kalau kalian ke sini, kalian harus pesen tauwa yang paket lengkap. Dijamin enak deh.

Madura

Habis dari Tauwa Cak Yudi, kita baru berangkat ke Madura. Kalian semua pasti tau kan apa kuliner yang sering dikunjungi para foodie kalau ke Madura ? Pasti Bebek Sinjay dong. Jadi pas di Madura kita pergi ke Bebek Sinjay. Tempat ini udah terkenal sih, bagi kalian yang belum pernah ke sini, harus banget cobain bebeknya. Emang banyak sih cabang bebek sinjay, tapi paling enak yang di Madura ini. Letaknya di Jl. Raya Ketengan No.45, Madura.

Habis dari Bebek Sinjay, kita pergi ke perhentian ketiga yaitu, Tresna Art. Tresna Art ini kayak tempat pembuatan batik Madura. Terus di sana, kita bisa lihat proses pembuatan batik, dan juga ada toko yang menjual baju batik yang bagus” motifnya. Trus kita masuk dalem, ternyata gede banget tempatnya, nggak nyangka, soalnya dari depan kelihatan kecil. Di dalam, kita disuguhi bubur madura, ama teh buatan sendiri dan rasanya enakk sekaligus unik.

Nah, habis dari Tresna Art, kita pergi ke Mercusuar Madura. Kita foto foto di sekitar sana. kalian yang suka foto” cocok banget ke sini, karena spot foto di sini bagus banget. Kalian yang mungkin haus atau mau beli makanan, di Mercusuar ada warung kecil yang jual makanan ama minuman. Pas pulang dari Mercusuar ini, kita nemuin kayak pantai gitu, jadi akhirnya berhenti dan foto” sampe sore.

Surabaya

Akhirnya pulang ke Surabaya juga deh, tapi perjalanan kita belum berakhir. Sampe Surabaya kita pergi ke Zangrandi Ice Cream. Pasti udah pada tahu semua kan? Zangrandi Ice cream ini termasuk terkenal juga. Di sana bukan cuma ada ice cream aja, tapi jual makanan berat juga. Rasa ice cream di sini unik dan beda ama yang lain, kalian yang belum cobain, wajib banget dicobain.

Malemnya, kita pergi ke Soto Daging Tapak Siring. Letaknya di Jl. Dharmahusada No. 14C. Nah, ini juga termasuk terkenal juga lo. Aku suka banget ke sini soalnya rasa kuahnya itu enakk, apalagi ini juga soto khasnya madura. Habis dari sini, kita balik ke hotel. Capek banget sih, tapi aku bareng teman kulineran Traveloka lainnya tetep senang mengikuti trip sampai akhir. Bagusnya lagi aku juga bisa ketemu & kenalan dengan temen baru foodies Surabaya.

Day 3 – 3 Days Culinary Trip to Surabaya & Madura

Udah hari terakhir nih, tapi kita masih keliling Surabaya lagi. Makan pagi, kita makan di Bubur Ayam Spensix. Nah bubur ayam ini beda sama yang lain, kalau biasanya bubur ayam kan rasanya manis, tapi kalau yang ini rasanya asin. Pilihan topping buburnya juga banyak, ada telur asin, jeroan,  dan dele goreng. Pokoknya ini bubur paket lengkap dah.

Habis itu, kita pergi ke Tugu pahlawan. Kita foto” terus kita masuk ke Museum 10 November. Museumnya sekarang jadi bagus, tempatnya modern dan nyaman. Di sana juga ada ruangan yang menceritakan tentang kisah perjuangan arek” Suroboyo

Selesai ke Tugu Pahlawan, kita ke ngicipin rujak-nya Crazy Rich Surabaya yang kabarnya rujak termahal di Surabaya, yaitu di jalan Ahmad Jais. Setelah itu menuju ke Pasar Atum. Di Pasar Atum itu, Traveloka ngadain Amazing Race. Jadi kita disuruh berlomba untuk mencari tempat makan dari petunjuk yang udah dikasih. Seru banget, kita sampe lari-lari di pasar atum sama diliat juga sama banyak orang soalnya kok aneh gitu ya, lari lari di dalam mall, wkwkw..

Terakhir, kita pergi makan siang di Soto Lamongan Cak Har. Letaknya di Jl. Arief Rahman Hakim, Keputih, Surabaya. Di situ kita makan, sekaligus juga ngumumin pemenang lomba amazing race dan lain-lain. Pokoknya trip ini paling seru menurutku, semoga lain waktu bisa ikutan trip bareng Traveloka lagi.

Thank you Traveloka Eats..!